Membaca Sejarah dari Komunitas Bambu...

Kita tentu tahu, betapa pentingnya sejarah, warisan budaya dan bagaimana mengikatnya.. Ya Bukulah salah satu cara kita mengenal, menjaga dan menanamkannya dalam wawasan kita. Berikut ini kita akan ulas "Komunitas Bambu yang konsen dalam penerbitan buku-buku sejarah..

Komunitas Bambu adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan buku-buku sejarah. Penerbitan ini dirintis sejak 20 Mei 1998 di Depok. Komunitas Bambu didirikan dilatarbelakangi kesadaran bahwa salahsatu dari banyak segi krisis yang nyata dirasakan pada 1998 adalah krisis pengetahuan sejarah yang melanda masyarakat Indonesia. Padahal pendiri bangsa Indonesia, Sukarno, pernah menyatakan, “bangsa yang tidak tahu masa lalunya, akan sesat dalam jalannya ke masa depan dan saling cakar bagai monyet dalam gelap.” Demikian peringatan bahaya sekaligus wasiat penting Sukarno yang setelah krisis 1998 semakin sering diulang, “Jasmerah, jangan sekali-kali melupakan sejarah.”

Berlatarbelakang itu Komunitas Bambu didirikan. Visi dan misi dibangun dengan semangat mengenalkan sejarah Indonesia. Setelah sewindu, pada 2006, Komunitas Bambu mengembangkan diri untuk mulai mengenalkan sejarah lokal Jakarta dan masyarakat, serta budaya Betawi dengan mendirikan Penerbit Masup Jakarta. Lantas ketika memasuki tahun ke-15 pada 2013, Komunitas Bambu mengembangkan diri kembali dengan memasuki kerja yang lebih luas untuk mendukung visi dan misi mengenalkan sejarah Indonesia. Komunitas Bambu tidak lagi sekadar mengerjakan desain buku, percetakan, penerjemahan, dan penyuntingan. Namun, juga riset dan penulisan sejarah, produksi film dokumenter, komik sejarah, videografis, merancang, serta menjalankan wisata sejarah.

Adapun nama Komunitas Bambu diambil bukan saja untuk menghormati tumbuhan khas Indonesia, tetapi juga sejarah lokal tempat lahirnya di Depok yang dulu merupakan kawasan konservatorium bambu. Lagi pula dari sudut filosofis pohon bambu adalah perumpamaan yang mengandung banyak nilai. Bambu adalah simbol kebersamaan dan hidup yang bermanfaat sebab pada dirinya terdapat bagian-bagian yang berguna bagi banyak orang.


Kantor Pusat
Komunitas Bambu Jln. Pala No.4 B Beji Timur,
Depok 16422, Jawa Barat
Indonesia
Tel: 021-77206987
Fax: 021-77206987
Email: pemasaran@komunitasbambu.com
Twitter: @KomunitasBambu

www.komunitasbambu.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membaca Sejarah dari Komunitas Bambu..."

Posting Komentar