Si Manis Gemplong Khas Betawi.. Duhh Lezatnyee..

GoBetawi.com - Inget kagak kalo pagi-pagi mau berangkat ke sekolah atawa kerja terus kite mampir ke warung nasi uduk atau dibeliin sama si emak di warung nasi uduk empok anu, nahh biasanya kite dibawain kue “Gemplong”, sebagian orang juga kadang nyebutnya Gemblong.. tapi kalo kite orang betawi senengan nyebutnya gemplong.
poto : sajiansedap.com
 Kue Gemplong adalah makanan khas Betawi yang sudah mulai jarang ditemukan kini.. (sad.. :-( ) Banyaknya aneka makanan atau kue dari luar negri [Ada Mama Roti, Papabunz, Roti boy.. paman, ungle, dll kali yee] mampu menggantikan posisi ‘jajanan’ kue gemplong ini.Tapi jangan sedih dulu yee..

Kue yang berbahan dasar tepung ketan dan kelapa berbalut dengan gula merah kecokelatan, membuat gemplong terlihat begitu menggiurkan. Rasanya gurih renyah dengan rasa manis khas gula merah. Namun, kudu ati-ati juga nih kite seringkali masyarakat tidak tahu apakah gemplong yang dibeli masih dalam kondisi baik atau tidak. Ada juga gemblong dengan warna orange [baca: Oren] mencolok karena diberikan pewarna sintetik.

Untuk itu aye akan share nihpagimana Proses pembuatan Kue Gemplong khas Betawi nyang sehat dan rasanyaa duhh menggungah selera kite banget dah dari dapur “Mpok Nini, Pusat Makanan Khas Betawi…”
Proses pembuatan gemblong ini terbagi menjadi dua tahapan :
  • tahapan pertama adalah pembuatan gemblong
  • Tahapan kedua adalah membuat balutan atau lapisan gula

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain :tepung ketan, tepung kanji, garam, margarin, santan kara, kelapa parut, gula pasir, gula jawa (disisir halus), air.

TahapPertama – Pembuatan Gemplong yang belum dilumuri gula merah cair

Santan dipanaskan, kemudian dimasukkan garam dan margarin, lalu diaduk hingga rata. Setelah itu, tepung ketan dituangkan kedalam santan dan diaduk terus hingga santan terserap habis oleh tepung ketan. Setelah hangat kuku kelapa dimasukan  dan diaduk sampai menjadi adonan yang bisa di pulung. Selanjutnya sebanyak 2 sdm adonan dibentuk menjadi bulat agak pipih. Kemudian, digoreng dalam minyak sampai kecoklatan. diangkatdandisisihkan.

TahapKedua –Melumurkan / Membuat Balutan Gula pada gemplong

Balutan Gula dituang ke dalam wajan. Kemudian, dimasak sampai kental. Gorengan gemblong dimasukkan kedalam larutan gula sampai terbalur rata. Diangkatdanditiriskan.

Berikut ini adalah diagram alir pembuatan gemblong :
(Maaf yee, Ngambil photonya jam.3 subuh dan pake kamera HP)

1. Persiapan Perlengkapan Produksi

2.1. Persiapan Bahan baku

2.2. Persiapan Bahan baku lagi..

3.1. Ngadonin

3.2. Ngadonin - campur2 bahannye

3.3. Terus adonin

3.4. Adonan ampir jadi

4. Hasil Adonan

5. Bentuk bulat piph susuai ukuran std

6.1. Goreng Hasil Adonan

6.2. Goreng Hasil Adonan

7. Hasil Goreng








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Si Manis Gemplong Khas Betawi.. Duhh Lezatnyee.."

Posting Komentar