Wow, Mulai Hari ini Pegawai @PemkotBekasi Kenakan Seragam Khas Betawi Bekasi

GoBetawi.com - SETELAH melalui beberapa tahapan, mulai hari ini seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengenakan pakaian adat Bekasi sebagai seragam dinas.

“Pakaian adat ini sudah kami pakai pada saat HUT Kota Bekasi yang ke-18 beberapa waktu lalu, namun untuk penyeragaman dan dibiasakan dipakai di hari jum’at,” ujar Kabag Humas Pemkot Bekasi Muhammad Jufri, menjawab Gobekasi, Jumat (13/3).

Dijelaskan Jufri, dasar hukum pemberlakukan pakaian dinas itu ialah surat edaran Walikota Bekasi No.060/259/org dan menjalankan Peraturan Wali Kota (Perwal) Bekasi nomor 08 Tahun 2015, terkait perubahan atas perwal nomor 49 tahun 2007, tentang pakaian dinas dan penggunaannya.

Di sisi lain, penggunaan pakaian adat pegawai untuk membangkitkan semangat kebangsaan Bekasi.
Sejumlah pegawai Humas Pemkot Bekasi mengenakan pakaian adat betawi, untuk pegawai pria mengenakan pakaian pangsi sedangkan untuk pegawai perempuan mengenakan pakaian encin yang mulai diterapkan setiap hari Jumat, Jumat (13/3). 


Sejumlah pegawai Humas Pemkot Bekasi mengenakan pakaian adat betawi, untuk pegawai pria mengenakan pakaian pangsi sedangkan untuk pegawai perempuan mengenakan pakaian encin yang mulai diterapkan setiap hari Jumat, Jumat (13/3). FOTO : Ivan Pramana/Gobekasi

Adapun pakaian adat Bekasi yang digunakan ialah jenis Pangsi, untuk pergawai pria, sedangkan pegawai wanita mengenakan Kebaya Encim, mengantikan pakaian batik yang sebelumnya dipakai setiap hari Jumat.

Jufri memastikan, baju adat tersebut tidak diberikan Pemkot Bekasi secara cuma-cuma, namun setiap pegawai wajib membelinya sendiri.

Ihwal pegawai yang belum memakai baju adat khas Bekasi ini, pihak Pemkot, kata dia, belum bisa mengenakan sanksi.

“Jadi kami masih belum memberikan sanksi bagi mereka yang belum pakai, mungkin mereka belum membelinya,” jelasnya.

Salah satu staf Humas, Dewi mengaku, bangga dan menyambut baik langkah pemerintah. Wanita berparas manis ini menilai, penggunaan pakaian adat dapat menumbuhkan rasa memiliki Bekasi.

“Awalnya lumayan risih, cuma kelama-lamaan biasa dan semakin termotivasi untuk membiasakan memakai pakaian budaya asli Betawi ini,” tuturnya. (goBekasi)

Klik Download Untuk Aplikasi Android GoBETAWI.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wow, Mulai Hari ini Pegawai @PemkotBekasi Kenakan Seragam Khas Betawi Bekasi "

Posting Komentar