[Resensi Buku Betawi] JAKARTA 1950an - Kenangan Semasa Remaja | Oleh Firman Lubis


GoBetawi.com - Melalui buku ini Firman Lubis si Babe (Batak Betawi) yang adalah dokter medis berhasil menggambarkan kehidupan dan keadaan Jakarta tahun 1950-an yang unik dan menarik. Mengikuti metode medical history yang lazim dipakai dokter untuk mempelajari riwayat penyakit yang diderita seseorang atau masalah kesehatan yang ada di masyarakat, Firman merangkai sejarah sosial ibu kota RI yang baru berdiri, yang baru mulai membenahi diri dan mencoba membangun kembali kehidupannya yang terpuruk selama bertahun-tahun akibat pendudukan Jepang dan revolusi kemerdekaan pada 1940-an.

Berbagai kenangan yang dialami dan disaksikannya semasa remaja di Jakarta pada 1950-an dituangkannya dengan jembar. Kenangannya tentang Jakarta mulai dari ingar-bingar revolusi kemerdekaan sampai tempat jajan dan musik-lagu serta gaya pesta remaja; penduduknya yang multietnis dan multiras hingga kegiatan olahraga dan kisah dokter Basri yang eksentrik; soal dekolonisasi dan barisan rakyat sampai soal tempat-tempat rekreasi, mode juga geng dan kenakalan remaja; kehidupan sosial ekonomi masyarakatnya dan perkembangan demokrasi hingga suasana keadaan dan lingkungan hidupnya yang asri dengan kanal dan situ; soal pemberantasan buta huruf sampai lalu lintas dan sarana transportasi; dunia sekolah dan aktivitas luar sekolahnya; pengusiran orang Indo pada 1957-58 serta masih banyak lagi sisik melik Jakarta tahun 1950-an.

Sebuah buku yang bukan saja kaya data sejarah sosial, tetapi juga ditulis dengan gaya populer dan dilengkapi dengan foto-foto sezaman yang akan menguatkan imajinasi historis setiap pembacanya. (Komunitas Bambu)

Informasi Tambahan
Berat                     : 0.385 kg
Ukuran                  : 21 x 15 cm
ISBN                    : 9789791570633
Jenis Sampul         : Soft Cover
Waktu Terbit         : 2008
Penulis                  : Firman Lubis
Penerbit                : Masup Jakarta
Jumlah Halaman    : xxi, 329 hal.
Edisi                     : Cet. I
Deskripsi              : illus.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[Resensi Buku Betawi] JAKARTA 1950an - Kenangan Semasa Remaja | Oleh Firman Lubis"

Posting Komentar