[Mengenal Akik Pandan] "Bukan Betawi kalo gak pake Pandan!!!"

GoBetawi.com - Sesekali bicara tentang fenomena yang lagi booming, yaitu fenomena batu akik dan permata. Di mana-mana, bisa dilihat selalu ada aktifitas yang berhubungan dengan batu, mulai dari sebatas diskusi sampe menggosoknya.

Indonesia dikenal kaya akan sumber daya alamnya, salah satunya batu mineral atau batu akik yang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia dan merupakan potensi alam nusantara yang luar biasa. Selain di beberapa daerah seperti Maluku, Sumatera Kalimantan dan daerah lainnya, ternyata Jakarta juga memiliki permata khas yang disebut batu "Akik Pandan" yang konon sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu. Oleh karena itu, muncul celotehan di masyarakat Betawi: "Bukan Betawi kalo gak pake Pandan!!!"

Jenis batu akik pandan bermacam-macam sesuai corak dan warnanya, seperti batu pandan sutra, pandan nanas, pandan suji, pandan kapas, dan pandan lumut. Selain jenis batu pandan, Betawi juga memiliki banyak jenis batu akik seperti jenis ati ayam dengan ciri khas warna merah tua, badar asem dan batu akik wulung yang tersohor sebagai ajimat para jawara Betawi. Kualitas jenis akik ini cukup baik jika di ukur dari tingkat kekerasannya yang mencapai 7 skala mohs atau sama dengan batu Bacan yang selama ini sangat tersohor sebagai batu yang dianggap bernyawa.

Adapun khasiat batu Akik Pandan dipercaya sebagian masyarakat diantaranya untuk daya tarik, pengasihan atau pemikat, untuk keharmonisan dalam hubungan rumah tangga dan pertemanan. Selain itu, batu pandan dipercaya sebagai media untuk pengobatan secara fisik diantaranya untuk membantu meringankan beberapa penyakit seperti penyakit yang berkenaan dengan pencernaan, ginjal, paru-paru, asma, panyakit tulang dan lain-lain. (Macaciiih...???)

Terlepas dari kepercayaan sebagian orang akan khasiat batu akik, jenis batu pandan dengan beraneka jenis dan warna memang cocok untuk dijadikan sebagai perhiasan seperti mata cincin, kalung, liontin atau jenis perhiasan lain.

Oleh karena itu, mulailah beralih ke Akik Pandan, sebagai bentuk kecintaan terhadap warisan budaya Betawi. "Hare gene gak pake Akik Pandan, kacian deh lo...!!!"

Salam rempug...!!!


Klik Download Untuk Aplikasi Android GoBETAWI.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[Mengenal Akik Pandan] "Bukan Betawi kalo gak pake Pandan!!!""

Posting Komentar