Nih die Batu Cincin Akik Pandan Khas Betawi yang Biasa di Pakai Para Jawara..

GoBetawi.com -  Indonesia dikenal kaya akan sumber daya alamnya salah satunya batu mineral atau batu akik yang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia dan merupakan potensi alam nusantara. Selain di beberapa daerah seperti Maluku, Sumatera Kalimntan dan daerah lainnya, ternyata Jakarta juga memiliki permata khas yang disebut batu akik pandan yang sudah dikenal sejak ratusan tahun.

Jenis batu akik pandan bermacam-macam sesuai corak dan warna, seperti batu pandan sutra, pandan nanas, pandan suji dan pandan kapas, pandan lumut. Selain jenis batu pandan, Betawi juga memiliki banyak jenis batu akik seperti jenis ati ayam dengan ciri khas warna merah tua, badar asem dan batu akik wulung yang tersohor sebagai ajimat para jawara Betawi

Kualitas jenis akik ini cukup baik jika di ukur dari tingkat kekerasannya yang mencapai 7 skala mohs atau sama dengan batu bacan yang selama ini sangat tersohor sebagai batu yang dianggap bernyawa.

Adapun khasiat batu pandan dipercaya sebagain masyarakat diantaranya untuk daya tarik, pengasihan atau pemikat, untuk keharmonisan dalam hubungan rumah tangga dan pertemanan

Selain secara psikis batu pandan dipercaya sebagai media untuk pengobatan secara fisik diantaranya untuk membantu meringankan beberapa penyakit seperti penyakit yang berkenaan dengan pencernaan, ginjal, paru-paru, asma, panyakit tulang dan lain-lain.

Terlepas dari kepercayaan sebagaian orang akan khasiat batu akik, jenis batu pandan dengan beraneka jenis dan warna memang cocok untuk dijadikan sebagai perhiasan seperti mata cincin, kalung, liontin atau jenis perhiasan lain.


Klik Download Untuk Aplikasi Android GoBETAWI.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nih die Batu Cincin Akik Pandan Khas Betawi yang Biasa di Pakai Para Jawara.."

Posting Komentar