[Dulu] Betawi Ada Dukun Rangkeng alias Pawang Hujan dan Kitab Mujarobat.. Sekarang Insya Allah TIDAK !

Masyarakat Betawi mengenal istilah dukun rangkeng, atau seseorang yang dianggap punya ilmu ghaib untuk memindahkan energi hujan untuk turun di wilayah lain, alias pawang hujan. Dukun rangkeng selalu ada dalam aneka hajat yang digelar orang Betawi. "Dalam setiap upacara adat, dukun rangkeng pasti dilibatkan," kata budayawan dan ahli sejarah Betawi dari Lembaga Kebudayaan Betawi, Yahya Andi Saputra kepada Tempo.

Hingga kini bahkan warga Betawi masih kerap menggunakan jasa dukun rangkeng dalam setiap hajatan. "Orang pintar yang dianggap pantas jadi dukun rangkeng masih ada beberapa," kata Yahya. Organisasi Lembaga Kebudayaan Betawi pun masih menggunakan jasa dukun rangkeng saat akan mengadakan acara. (Lihat juga: Hah, Ada Dukun Rangkeng alias Pawang Hujan saat Perayaan Tahun Baru 2014 oleh Pemprov DKI  - Admin GoBetawi)

"Kalau kami mau bikin acara kebudayaan yang mengundang pejabat, seperti Gubernur Joko Widodo, pasti kami pakai dukun rangkeng agar lancar," Yahya menjelaskan. Bukan soal percaya kemampuan mistisnya, namun sosok yang saat ritual duduk di dalam kerangkeng bambu ini memang sudah menjadi bagian dari adat istiadat Betawi.

Tidak hanya bisa menangkal hujan turun, dukun rangkeng juga dipercaya punya kemampuan menarik minat khalayak untuk menghadiri sebuah hajat. "Dulu belum ada undangan, jadi orang yang ingin pestanya ramai minta bantuan dukun rangkeng agar warga sekitar berduyun-duyun datang," Yahya menjelaskan. Dukun rangkeng juga punya jampi-jampi menjaga nafsu makan tamu undangan. "Jadi tidak ada yang kemaruk, makanan cukup untuk semua undangan."

Masyarakat Betawi beruntung, sosok dukun rangkeng saat ini masih eksis meski zaman sudah semakin modern. "Soalnya ilmu dukun rangkeng ini terus turun ke anak cucu mereka," kata Yahya. Meski tidak banyak tapi ada sejumlah orang Betawi yang kini dianggap diwarisi ilmu dukun rangkeng.

Selain diwariskan secara turun-temurun, rupanya ilmu dukun rangkeng juga tercatat dalam kitab mujarobat yang ditulis pada zaman Sunan Kalijaga. Yahya mengatakan, ilmu untuk menangkal hujan dan ilmu lain untuk orang pintar masyarakat Betawi tertulis di sana. "Jadi bisa saja dipelajari."

Meski demikian Yahya mengatakan sosok dukun rangkeng maupun orang pintar di zaman modern saat ini memang sudah dilupakan. "Ya sekarang memang hanya jadi bagian adat-istiadat kuno." Tapi, kata dia, buat orang Betawi yang masih percaya, sosok dukun rangkeng akan selalu dicari saat seseorang hendak membuat acara seperti pernikahan, syukuran, atau sunatan.

PRAGA UTAMA / Tempo.co

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[Dulu] Betawi Ada Dukun Rangkeng alias Pawang Hujan dan Kitab Mujarobat.. Sekarang Insya Allah TIDAK !"

Posting Komentar