[Komunitas] Nyok Mengenal "Silaturahim Kumpul Bareng Anak Tenabang" (SIKUMBANG)


Komunitas Silaturahim Kumpul Bareng Anak Tenabang (SIKUMBANG) didirikan pada Sabtu, 09 April 2011 bertempat di Masjid Al-Ma’mur, Tanah Abang, Jakarta Pusat oleh 20 pimpinan perguruan maen pukul yang ada di Tanah Abang dan tokoh-tokoh pemuda di Tanah Abang.

Pemilihan lokasi peresmian di Masjid Al-Ma’mur Tanah Abang bukanlah suatu kebetulan. Hal ini selain karena mempertimbangkan visi, misi dan azas pendirian SIKUMBANG juga dilatarbelakangi oleh faktor kesejarahan Masjid Al-Ma’mur sebagai salah satu masjid tertua di Jakarta yang didirikan pada tahun 1760 oleh tentara Kesultanan Banten dan Demak. Saat itu selain untuk tempat ibadah juga untuk mengatur strategi ketika melakukan penyerangan terhadap penjajahan VOC di Batavia.

Pendirian Komunitas SIKUMBANG berawal dari keprihatinan pecinta dan pelestari maen pukul Tenabang dan tokoh-tokoh pemuda Tenabang yang melihat semakin pudarnya semangat Ukhuwah Islamiyah di antara kita yang mungkin karena adanya perbedaan politik dan kepentingan. Ditambah keprihatinan kita bersama atas lunturnya kecintaan generasi muda saat ini terhadap warisan budaya dari generasi pendahulu kita, baik Seni Maen Pukulan, Makanan tradisional dan lain-lain, sebagai akibat perbedaan sudut pandang antar-generasi dan situasi kondisi yang telah berubah.

Pendirian SIKUMBANG ini dimaksudkan selain sebagai sarana untuk ajang silaturahim dan kumpul bareng warga Tenabang agar lebih saling mengenal, tercipta kerukunan antar-warga Tenabang dan mampu memperat persaudaraan dan kerukunan Pemuda & Aliran Maen Pukul Tenabang. Juga untuk wadah kita dalam menjaga warisan budaya orang-orang tua kita di bidang maenan pukulan Tenabang. Walaupun Komunitas SIKUMBANG tidak terbatas hanya untuk warga Tanah Abang semata.
   
Visi dan Misi

Visi : Menciptakan sebuah wadah untuk mempererat UKHUWAH ISLAMIYAH di Tanah Abang khususnya, dengan menjadikan maen pukul sebagai alat silaturahim dan dakwah.

Misi : Menyatukan semua Aliran Maen Pukul, Pemuda, sudut pandang antar generasi yang bertujuan semata-mata untuk memperat persaudaraan dan kerukunan Pemuda & Aliran Maen Pukul Tanah Abang.

Azas / Landasan : Islam, yang berpegang teguh kepada Al-Quran & As-Sunnah dengan menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan sepanjang masa.

Struktur Organisasi

 
Kegiatan Sikumbang saat ini antara lain :
  1. Latihan rutin maen pukul di setiap perguruan
  2. Palang pintu
  3. Lenong
  4. Pengajian bulanan keliling perguruan
  5. Santunan anak yatim
  6. Tarhib ramadhan
  7. Lebaran anak Tenabang
  8. Silaturahim ke tokoh-tokoh masyarakat dan perguruan maen pukul tradisional betawi se-Jakarta
  9. Focus Group Discussion (FGD) dengan pihak-pihak yang concern terhadap pengembangan seni dan budaya betawi khususnya dan indonesia umumnya
Mau Mengenal lebih dekat silakan kunjungin official website www.SikumbangTenabang.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[Komunitas] Nyok Mengenal "Silaturahim Kumpul Bareng Anak Tenabang" (SIKUMBANG)"

Posting Komentar