Taukah Kita? Ada Pengaruh 4 Negara Lho dalam Kuliner Betawi..

Bener gak sih Makanan Khas Betawi di pengaruhi oleh 4 Negara ? Nyok kita simak penjelasannya..
Bang Deddy Mizwar Ngaku doang banget sama Aker Kelapa dan Kembang Goyang Khas Betawi


Pengaruh 4 Negara dalam Kuliner Betawi

ANDA pernah mencicipi kuliner asli Betawi? Hampir semua orang pernah mencobanya, namun pernahkah Anda tahu sejarah awal makanan Betawi?

Menurut pakar masyarakat Betawi Indra Sutisna, makanan Betawi dipengaruhi oleh empat negara.

"Awalnya itu dari pedagang Mujarat yang membawa makanan ke Betawi, di situ ada negara India, Arab, China, dan beberapa negara Eropa. Tapi ada juga pengaruh dari daerah Jawa dan Sunda," kata Indra saat berbincang dengan okezone di acara Responsible Business Week bersama Hotel Intercontinental Jakarta MidPlaza, di Perkampungan Budaya Betawi, Jalan Moch Kahfi II,  Setu Babakan, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Kamis (6/10/2011).

Dari beberapa negara tersebut, lalu terpecah menjadi beberapa bagian daerah Betawi.

"India dan Arab itu sangat memengaruhi Betawi tengah. Wilayah di Betawi ada beberapa bagian, seperti Betawi pesisir; pinggiran pantai; Marunda; Tanjung Priok; Mauk; Rawa Kidan (Tangerang); Muara Gembong. Lalu masuk ke dalam Hinter (Betawi tengah) seperti Monas; Menteng, Betawi pinggir (Kebayoran) sampai Cisadane Barat, Cisadane Timur (Cawang-Citarum), Cisadane Selatan (Bogor Utara-Manggarai)," jelasnya.

Dengan masuknya beberapa negara, membuat kuliner Betawi punya cita rasa makanan yang beragam.

"Pedas, ada manis juga, dan pedas gurih, kolaborasinya sangat tinggi. Sehingga membuat makanan Betawi itu jadi ramai rasa," imbuhnya.

Kuliner khas Betawi sangat beragam, seperti makanan utama yang terdiri dari  gado-gado, nasi ulam, pidang tangkar, nasi begane, nasi uduk, tauge goreng khas Betawi, hingga ketupat bebanci.

Sedangkan jenis camilannya terdiri dari aneka kue seperti dodol, wajik, kembang goyang, rengginang, ada kue jongkong, kue satu, kue talam, kue bebangkit.

Dan jenis minumannya terdiri dari selendang mayang, es cincau khas menggunakan gula putih, es doger, dan bir pletok. (nsa)  
Sumber : Okefood.com


Nah dah taukan sekarang Ncang-Ncing Nyak-Babeh... :-)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Taukah Kita? Ada Pengaruh 4 Negara Lho dalam Kuliner Betawi.."

  1. Paling enak memang jalan-jalan sambil kuliner...
    Jika ada siapa saja di sini yang merupakan pengusaha makanan dan kebanyakan usaha Agan tersebut banyak menerima pesanan 'bungkus' atau take away.
    Maka ane saranin untuk menggunakan Box Makanan

    BalasHapus