Festival Palang Pintu se-Tangerang Selatan Akan di Gelar MERIAH @SituBungur

GoBetawi.com - Pesta Rakyat Situ Bungur 2014 telah usai digelar akhir pekan lalu. Ribuan warga kota Tangerang Selatan terhibur dengan 'hidangan' acara yang disuguhkan oleh panitia pelaksana.

Mulai dari teatrikal dongeng anak hingga lomba dayung antar warga, dari pemeriksaan mata gratis, pengobatan gratis, hingga bazaar telah digelar untuk menghibur warga, sekaligus untuk mengajak warga agar peduli terhadap kelestarian ekosistem Situ Bungur.

Medio November yang akan datang, Forum Silaturrahmi Under Child (FS UNC) akan menggelar Festival Palang Pintu se - Tangerang Selatan. Bekerja sama dengan Kantor Kebudayaan dan Pariwisata kota Tangerang Selatan, acara tersebut merupakan penutup dari rangkaian Pesta Rakyat Situ Bungur 2014.

Palang pintu merupakan kesenian Betawi yang patut dilestarikan. Adu kuat jawara sekaligus adu pantun ini umumnya digelar saat dilangsungkannya pernikahan masyarakat Betawi.

Saat rombongan calon mempelai pria datang ke rumah calon mempelai perempuan, jawara dari pihak perempuan akan menantang jawara dari pihak pria untuk adu kekuatan dan adu pantun. Bila jawara dari pihak pria menang, maka 'palang pintu' ke rumah calon mempelai perempuan dibuka untuk selanjutnya dilangsungkan akad nikah.

"Festival ini digelar untuk melestarikan budaya Betawi, sekaligus untuk mengajak warga Betawi pada khususnya dan warga kota Tangerang Selatan pada umumnya untuk peduli akan kelestarian ekosistem Situ Bungur, " demikian disampaikan oleh Heru, Ketua Panitia Pesta Rakyat Situ Bungur 2014.

Jadi, bagi warga yang tidak sempat hadir ke Situ Bungur pada akhir pekan lalu (25-26/10), dapat meluangkan waktu pada Sabtu (15/11) untuk menikmati suguhan adu kuat dan adu pantun para jawara Betawi.

Kontak panitia:
Forum Silaturrahmi UNC
Jl Menjangan 3 Pondok Ranji, Tangerang Selatan
http://www.twitter.com/situbungur | http://www.situbungur.or.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Festival Palang Pintu se-Tangerang Selatan Akan di Gelar MERIAH @SituBungur"

Posting Komentar