Kenape Wajah Ondel-Ondel Merah dan Putih?

Ondel-Ondel (Foto:Antara/Pradita Utama)
GoBetawi.com - Hampir semua warga Jakarta mengetahui rupa ondel-ondel, tapi belum banyak yang menyadari makna dari simbol-simbol yang melekat padanya.

Ondel-ondel adalah pasangan boneka raksasa yang kerap diarak masyarakat Betawi pada momen tertentu. Menariknya, meski berpasangan, rupa wajah ondel-ondel memiliki dua warna kontras. Ondel-ondel pria berwarna merah, sedangkan ondel-ondel perempuan memiliki wajah berwarna putih.

"Banyak yang bilang ondel-ondel itu tradisi masyarakat agraris Betawi, pra-Islam. Ondel-ondel dipakai saat panen dan sebagai simbol tolak bala," kisah sejarawan J.J Rizal

Menurut pria yang mendalami sejarah kebudayaan Betawi itu, karakter yang dibangun dalam ondel-ondel mewakili dua unsur kehidupan, baik dan buruk.

"Kalau wajah yang satu merah satu putih itu karena menyimbolkan kekuatan jahat dan baik. Yang laki-laki digambarkan jahat, yang perempuan digambarkan baik. Ondel-ondel harus sepasang karena bersifat menawarkan (keseimbangan), ada baik ada buruk," tambah Rizal.

Ondel-ondel telah menjadi ikon kota Jakarta. Ondel-ondel diarak bukan hanya saat panen, tapi juga menyemarakkan acara budaya yang tersebar di antero Jakarta. Bahkan, dijadikan sarana mengamen oleh segelintir warga. (MetroNews)



Klik Download Untuk Aplikasi Android GoBETAWI.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenape Wajah Ondel-Ondel Merah dan Putih?"

Posting Komentar